The Greatest Guide To penetapan ahli waris

Wiki Article

Dalam yurisprudensi tersebut, Mahkamah Agung menjelaskan bahwa seseorang yang tidak memenuhi kewajiban dalam sebuah perjanjian, dimana perjanjian tersebut dibuat secara sah dan tidak didasari iktikad buruk, maka perbuatan tersebut bukan penipuan, namun masalah keperdataan. Sehingga, orang tersebut harus dinyatakan lepas dari segala tuntutan hukum.

Barangsiapa menyuruh memasukan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik mengenai sesuatu hal yang kebenarannya harus dinyatakan oleh akta itu, dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai akta itu, seolah-olah keterangannya sesuai dengan kebenaran, diancam, jika pemakaian itu menimbulkan kerugian, dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun.

Bagi warga yang sudah pindah rumah atau beda domisili dari saat mengurus dulu, akta kelahiran yang hilang bisa diurus sesuai alamat KTP dan KK saat ini.

Pihak yang dirugikan oleh wanprestasi dapat menuntut pemenuhan kewajiban kontraktual, ganti rugi, atau pembatalan perjanjian. Akibat atau sanksi wanprestasi ini dimuat dalam Pasal 1329 KUHPer.

Kewajiban yang dilanggar berasal dari perjanjian atau kontrak yang telah disepakati antara para pihak.

Adapun dalam hal ini perbaikan akta kelahiran penyebutan yang lebih tepat adalah ‘ayah tiri’. Oleh karena itu, untuk selanjutnya akan kami gunakan sebutan ‘ayah tiri’.

Pengalaman praktek sdh sejak tahun 2000 membuat kami banyak menangani kasus2 dan perkara yg beragam.

Para pihak yang tidak memenuhi kewajiban dalam perjanjian yang dibuat secara sah bukan penipuan, namun wanprestasi yang masuk dalam ranah perdata, kecuali jika perjanjian tersebut didasari dengan iktikad buruk/tidak baik.

Ganti rugi yang perbaikan akta kelahiran muncul dari wanprestasi adalah jika ada pihak-pihak dalam perjanjian yang tidak melaksanakan komitmennya penetapan ahli waris yang sudah dituangkan dalam perjanjian.

tirto.id - Wanprestasi adalah istilah untuk tindakan salah satu pihak yang terikat di suatu perjanjian, tetapi tidak melakukan kewajibannya sesuai dengan perjanjian awal.

“Penggantian biaya, rugi, dan bunga karena tidak dipenuhinya suatu perikatan, baru mulai diwajibkan, apabila si berutang, setelah dinyatakan lalai memenuhi perikatannya, tetap lalai untuk memenuhinya, atau jika sesuatu yang harus diberikan atau dibuat hanya dapat diberikan atau dibuat dalam tenggang waktu yang sudah dilampaui.”

Jika proses selesai, petugas akan mengirim akta kelahiran baru dalam bentuk structure PDF ke aplikasi atau e mail.

Dengan kata lain, wanprestasi terjadi ketika satu pihak gagal melaksanakan kewajibannya sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat, dan setelah diberikan peringatan atau kesempatan tambahan, tetap tidak memenuhi kewajiban tersebut.

Selain itu, unsur yang harus dipenuhi apabila perkara perdata berupa wanprestasi dilaporkan sebagai tindak pidana penipuan adalah apabila perjanjian telah dibuat dengan memakai nama palsu, martabat palsu/keadaan palsu, tipu muslihat atau rangkaian kebohongan.

Report this wiki page